Website Resmi Remaja Islam Mujahidin Stembayo yang aktif bergerak dalam menyebar kasih sayang demi kemaslahatan umat manusia.

SMK NEGERI 2 DEPOK

Ads Here

June 2, 2016

Bagaimana Cara Membaca Isymam ?

 
Assalamualaikum wr wb….

saya mau tanya Tajwid tentang Isymam (salah satu dari bacaan menyimpang dalam Al-Qur'an) dalm lafadz ﻻ ﺗﺄﻣﻦ (Lata'manna) dibacanya harus ﻻ ﺗﺄﻣﻨﻮﻥ (Lata'mannnunna) ?

Wa'alaikumussalam wr.wb 
  • Isymam termasuk salah satu dari 3 bacaan menyimpang dalam Al-Qur'an, yang mana kita diberikan rambu-rambu khusus dalam cara membacanya. Isymam ini terletak pada QS. Yusuf ayat 11.
  • Di dalam Kitab Ghooyah al-Muriid fii ‘Ilmi at-Tajwiid I/73 mengatakan bahwa: Isymam adalah membaca dhommahnya dua bibir dengan bersamaan membaca nun yang mati saat mengidghomkannya.
  • Tujuanya adalah memberi isyarat bahwa asalnya nun yang sukun tersebut adalah dhommah karena asalnya تأمنا (Ta'manna) adalah تأمنُنَا (Ta'manunaa), kemudian nun pertama diidghomkan pada nun kedua maka menjadi تأمنا (TA’MANNAA).
(Wallahua'lam bisshowab) Semoga bisa menjawab, syukran.

oleh: Nurul Fikri Ilham Pratama
referensi: Kitab Ghooyah al-Muriid fii ‘Ilmi at-Tajwiid

STEMBAYO ONLY !!!!!
Masih bingung..? Mau tanya perihal Keislaman AqidahAkhlaq, FiqhTajwidTarih dan Mu'amalah yang lain..? kirim pertanyaan anda dengan format:
Nama(spasi)Kelas/Jurusan(spasi)Halaqah(spasi)Pertanyaan anda.

Lalu kirimkan ke:
Via SMS: 089604040198
Via BBM: 22CB5E41
Via WA : 089604040198
Via FB : Nurul Fikri Ilham Pratama